Selasa, 23 Juni 2009

Efek Buruk Kemoterapi Bisa Dicegah

Sabtu, 8 November 2008 | 13:03 WIB

KEMOTERAPI adalah sebuah proses penghancuran sel-sel penyakit dalam masa penyembuhan seorang penderita kanker. Tujuannya ideal yakni membunuh sel-sel kanker. Namun ternyata, proses penghancuran sel-sel kanker ternyata dapat juga merusak sel-sel darah dan sel-sel tubuh lainnya. Kondisi ini disebut Sindrom Lisis Tumor (SLT). Dalam bahasa kedokteran, SLT adalah suatu kegawatan onkologi dengan gejala gangguan metabolik yang berat akibat pengobatan kanker dengan proliferasi tinggi maupun terjadi spontan tanpa pengobatan kanker.

Namun, ahli Hematologi Onkologi Medik Penyakit Dalam dari FKUI dr. Dody Ranuhardy, Sp. PD, KHOM mengatakan sindrom ini bisa dicegah dengan pengenalan-pengenalan dini kepada pasien yang berisiko. Pengenalan dini dapat dilakukan dengan pemberian cairan (profilaksis) yang cukup serta pengobatan yang tepat dan agresif.

"Bahkan bisa menunda terapi tumor sampai selesainya profilaksis bila memungkinkan," ujar Dody dalam The 1st Symposium on Oncology Emergency: Cardiovascular and Metabolic Emergency in Cancer di RS Dharmais Jakarta, Sabtu (8/11).

Menurut Dody, penderita kanker yang terkena SLT biasanya mengalami gangguan metabolik dan elektrolit, misalnya mual, muntah, lethargia, overload cairan atau kejang dan kram otot. Gejala ini biasanya terjadi sebelum terapi. Namun, seringnya terjadi 12-72 jam setelah terapi. Dody juga mengatakan sebenarnya bukan hanya kemoterapi yang berpotensi menimbulkan efek negatif. Proses pengobatan melalui radiasi atau kortikosteroid pun memiliki potensi serupa.

"Sindrom terjadi akibat cepatnya penghanduran sel kanker. Jadi menyebabkan keluarnya ion-ion intraselular, asam nukleat, protein dan metabolitnya ke dalam ruang ekstraselular," ujar dr. Dody. SLT sering dijumpai pada penderita kanker berikut, seperti kanker hematologi, kanker leukimia akut, atau juga kanker testis, kanker payudara dan kanker paru sel kecil.

Caroline Damanik
Sumber : kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar